MAHKAMAH AGUNG REPBULIK INDONESIA

PENGADILAN NEGERI/PHI/TIPIKOR KELAS 1A KENDARI

Jln. Mayjen Soetoyo No. 37 Kota Kendari Sulawesi Tenggara 93122, Telp (0401) 3121511 Fax. (0401) 3121714, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

DEFAULT

[show-title]PENGADILAN NEGERI KENDARI[/show-title]

[show-text]Sebagai salah satu institusi penegak hukum, di dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, tentu harus diperlengkapi selain dengan sikap keterbukaan, juga perlu suatu sarana yang dapat memberikan segala sesuatu informasi terkait yang diperlukan oleh masyarakat.[/show-text]

INDEX PRESEPSI KORUPSI

INDEX PRESEPSI KORUPSI

 Pada tahun 2019 Indonesia menduduki peringkat 85 dari 175 negara dalam peringkat indeks persepsi korupsi yang dipublikasikan oleh Transparency International. Hal ini berarti bahwa Indonesia dapat dikatakan adalah negara yang masih dilihat sebagai negara yang korup.

Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi merupakan salah satu peraturan perundangan terbaru yang dikeluarkan dalam rangka memitigasi hal tersebut di atas. Peraturan ini mengamanatkan bahwa pencegahan korupsi perlu dilakukan secara lebih optimal, dan oleh karenanya perlu sinergi dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, pemangku kepentingan lainnya, dan Komisi Pemberantasan Korupsi. Mahkamah Agung adalah salah satu lembaga tinggi Negara yang juga wajib turut berpartisipasi dalam strategi nasional ini.

Salah satu fokus strategi nasional pemberantasan korupsi di atas adalah dalam bidang penegakan hukum dan reformasi birokrasi. Output dari fokus ini salah satunya adalah terbangunnya unit-unit kerja percontohan di setiap instansi pemerintah, yang disebut dengan “zona integritas”. Pembangunan zona integritas diharapkan secara bertahap akan berujung kepada satuan kerja, dalam hal ini Pengadilan Negeri/PHI/Tipikor Kendari Kelas IA yang berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBMM).

 

         

Pengadilan Negeri/PHI/Tipikor Kendari Kelas IA telah sebelumnya mendapatkan skor Indeks Persepsi Korupsi sebesar 3,97. Diharapkan dengan pembangunan zona integritas yang berkelanjutan, skor tersebut dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dan dengan demikian, kepercayaan masyakarat kepada Pengadilan Negeri/PHI/Tipikor Kendari Kelas IA akan semakin meningkat.

Pengadilan Negeri Kendari Melayani Dengan " PASTI "