MAHKAMAH AGUNG REPBULIK INDONESIA

PENGADILAN NEGERI/PHI/TIPIKOR KELAS 1A KENDARI

Jln. Mayjen Soetoyo No. 37 Kota Kendari Sulawesi Tenggara 93122, Telp (0401) 3121511 Fax. (0401) 3121714, Email: peen.kendari.go.id

DEFAULT

PENGADILAN NEGERI KENDARI

Sebagai salah satu institusi penegak hukum, di dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, tentu harus diperlengkapi selain dengan sikap keterbukaan, juga perlu suatu sarana yang dapat memberikan segala sesuatu informasi terkait yang diperlukan oleh masyarakat.

PENGADILAN NEGERI KENDARI CAPAI NILAI 93,64% PADA EVALUASI ZONA INTEGRITAS

Badan Pengawasan Mahkamah Agung (BAWAS MA) berkunjung ke Pengadilan Negeri Kendari Selasa (14/5). Dalam Kunjungannya, BAWAS melakukan pemeriksaan terhadap Pengadilan Negeri Kendari terkait pelaksanaan pembangunan Zona Integritas dan evaluasi kinerja. Tim Evaluasi BAWAS beranggotakan Bapak Rudi Widodo selaku Ketua Tim Evaluasi BAWAS, Bapak Eko Purwanto selaku sekretaris, Bapak Davis Rozano Besthari dan Bapak Agus Rahman sebagai Staf Pemeriksa.

 

Pemeriksaan oleh Tim BAWAS berlangsung selama empat hari, dari tanggal 14 Mei 2019 hingga 17 Mei 2019. Adapun area proses yang dievaluasi terdiri dari 6 area, yakni manajemen perubahan, penataan tata laksana, manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, penguatan kualitas layanan publik.

Hasil pemeriksaan pelaksanaan pembangunan Zona Integritas terdapat beberapa catatan, yaitu pada area proses dan pada area hasil. Pada area proses terdapat beberapa catatan yang perlu diperbaiki pada area manajemen perubahan, manajemen SDM, penguatan akuntabilitas kinerja, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Sedangkan pada area hasil, pertama terwujudnya satuan kerja yang bersih dan bebas dari korupsi dinilai berdasarkan: a) nilai persepsi korupsi berdasarkan hasil survey eksternal dengan capaian 3,83 dilakukan terhadap 100 responden (Skala 4); b) Persentasi penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan dinilai sebesar persentase penyelesaian yaitu 100%. Kedua, peningkatan kualitas pelayanan publik berdasarkan hasil survey eksternal nilai persepsi kualitas pelayanan yaitu 3,54 dilakukan terhadap 100 responden.

 

 

Pemeriksaan oleh BAWAS terhadap Pengadilan Negeri Kendari ditutup dengan penyerahan hasil pemeriksaan Zona Integritas kepada Bapak Rudi Suparmono selaku Ketua Pengadilan Negeri Kendari. Pelaksanaan pembangunan Zona Integritas pada Pengadilan Negeri Kendari berhasil mencapai nilai 93,64%

PENGANTAR ALIH TUGAS HAKIM PENGADILAN NEGERI KENDARI

“Jarak itu tak pernah ada. Pertemuan dan perpisahan dilahirkan oleh perasaan”  -Joko Pinurbo 

 

Setiap pertemuan terkadang ada sebuah perpisahan. Ditengah rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang erat antara segenap keluarga besar Pengadilan Negeri Kendari semakin terasa berat untuk melepas dua anggota keluarga. Kamis tanggal 16 Mei 2019, bertempat di Hotel Horizon Kendari, Pengadilan Negeri Kendari mengadakan acara perpisahan dan pengantar alih tugas Bapak Budi Hermanto,SH.,MH dari Hakim Pengadilan Negeri Kendari menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Amuntai dan Ibu Khusnul Khatimah,SH.,MH dari Hakim Pengadilan Negeri Kendari menjadi Wakil Ketua Pengadilan Negeri Pare-Pare.

 

Acara dihadiri oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri Kendari. Dalam acara, Bapak Budi Hermanto dan Ibu Khusnul Khatimah menyampaikan sepatah kata rasa syukur dan ucapan terima kasih. Tidak lupa sambutan dan pemberian cenderamata IKAHI (Ikatan Hakim Indonesia) dari Bapak Rudi Suparmono selaku Ketua Pengadilan Negeri Kendari. Kemudian, dilanjutkan dengan buka bersama. Acara selanjutnya penyerahan bingkisan dari Hakim-hakim, Kepaniteraan, dan Kesektariatan. Acara juga diisi dengan karaoke bersama dan diakhiri dengan foto bersama.

 

Perpisahan mengajarkan untuk menghargai setiap detik kebersamaan dan perpisahan semakin memperkuat ikatan kekeluargaan. Akhir kata, Seluruh keluarga besar Pengadilan Negeri mengucapkan terimakasih atas kebersamaan dan kenangan yang tak terlupakan selama kurang lebih tiga tahun sudah bersama menjadi sebuah keluarga.

KUNJUNGAN TIM PENILAI INTERNAL BADILUM PADA PENGADILAN NEGERI KENDARI

Pada hari selasa, 23 April 2019, Keluarga besar Pengadilan Negeri Kendari mendapat kunjungan dari Tim Penilai Internal BADILUM (Badan Peradilan Umum). Kunjungan tersebut dalam rangka untuk melakukan pemeriksaan atau assesmen terhadap program Akreditasi Penjaminan Mutu, Zona Integritas, dan Reformasi Birokrasi. Pelaksanaan proses assesmen dilakukan oleh Bapak Yayat Sudrajat, S.H, M.H., M.M selaku ketua Tim Penilai Internal (TPI), Bapak Nopinus Andereas Purba, S.E. dan Rosalia Puspa K, S.E., M.H. sebagai anggota Tim Penilai Internal.

Pelaksanaan assesmen tersebut berlangsung dari pukul 09.00 WITA hingga pukul 20.30 WITA. Asesmen diawali dengan opening meeting bertempat di Ruang Sidang Cakra Pengadilan Negeri Kendari dengan Ibu A. Dewi Zukhrufi, S.H sebagi MC acara. Opening meeting dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya, mengucapkan yel-yel Zona Integritas WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi ) dan WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani), dan Pembacaan doa. Kemudian opening meeting dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Rudi Suparmono, SH., MH selaku ketua Pengadilan Negeri Kendari dan sambutan Bapak Yayat Sudrajat, S.H, M.H., M.M selaku ketua tim assesmen atau TPI (Tim Penilai Internal). Agenda berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing koordinator Area bertempat di Ruang Rapat Pengadilan Negeri Kendari, selanjutnya dilakukan penilaian LKE (Lembar Kerja Evaluasi) Zona Integritas oleh Tim TPI. Pelaksanaan assesmen diakhiri dengan penutupan dengan dilakukannya pemaparan hasil penilaian oleh Ketua Tim TPI (Tim Penilai Internal).

Hasil dari asesmen terhadap Akreditasi Penjaminan Mutu tersebut terdapat 13 Minor dan 14 Observasi, sedangkan untuk Zona Integritas terdapat 23 temuan. Program Reformasi Birokrasi (RB) dan pembangunan Zona Integritas (ZI), termasuk di dalamnya  program Akreditasi Penjaminan Mutu (APM) guna mendorong pelaksanaan reformasi peradilan, sehingga mewujudkan penyelenggaraan peradilan Indonesia yang unggul.